Website adalah salah satu cara elegan untuk menjual produk di era teknologi digital. Berikut akan dibahas tips membangun website online shop yang murah dan mudah untuk pemula. Agar para pengusaha pemula mampu merambah jangkauan pasar yang lebih luas sehingga ketika produknya semakin dikenal dan potensi pendapatan juga akan meningkat, ilmu ini wajib dipelajari.

Lalu, apa saja keuntungan jika memiliki website online shop untuk usaha yang baru dirintis? Bagaimana cara membangun website yang murah sekaligus mudah? Kabarnya, jika menggunakan jasa web developer membutuhkan bujet minimal 3 jutaan, hanya untuk membangun website siap pakai. Belum termasuk bagaimana mengisi dan optimasinya setelah jadi. Bagaimana cara menyiasatinya?

Keuntungan Membuat Website Online Shop

Keuntungan paling nyata ketika berhasil membuat website online shop adalah kemudahan dan kepraktisan dalam pemasaran. Bagaimana tidak? Hanya perlu sekali tulis dan posting, orang bisa berkunjung kapan saja ke halaman tersebut. Jika ada konsumen jarak jauh yang membutuhkan info detail produk, tidak perlu mengirimkan brosur produk dengan berkas berukuran besar. Cukup kirim saja tautannya.

Ikuti tips membangun website online shop berikut yang akan mendongkrak omzet bisnis Anda. Website bisa menjadi salah satu pintu masuknya pelanggan yang loyal sekaligus sumber informasi terpercaya bagi para pelanggan. Dengan adanya website khusus usaha, calon konsumen tidak akan ragu untuk membeli.

Tips Membangun Website Online Shop Murah dan Mudah

Meskipun harga website terkenal cukup mahal, ternyata ada tips membangun website online shop yang murah sekaligus mudah. Cara berikut bisa menjadi mudah karena website dibuat tanpa membeli hosting dan plugin premium. Para pemula pun bisa mencoba langsung menggunakan akun Google.

  • Buat Website Blogger

Website paling murah karena untuk membuatnya hanya butuh kuota dan akun Google adalah melalui blogger (dot) com. Buat blog menggunakan akun Google dan isi informasi dasar yang diminta meliputi judul website, deskripsi, dan profil. Sampai di sini, template yang terpasang adalah bawaan dari Blogger. Anda belum perlu menggantinya jika belum memiliki template yang cocok.

  • Pasang Custom Domain

Tips membangun website online shop selanjutnya adalah memasang custom domain. Yaitu nama website yang menjadi alamat URL. Domain ini bisa dibeli melalui penyedia domain. Sebaiknya pilih nama yang sesuai dengan nama toko atau merek usaha. Bisa juga menggunakan nama badan usaha yang sedang dirintis. Setelah membeli, pasang di blog sesuai instruksi dari tempat membeli domain.

  • Sesuaikan Template

Setelah dipasang domain dan diatur profilnya, website sudah siap diluncurkan dan Anda sudah bisa posting tulisan dan foto produk. Sebaiknya rapikan terlebih dahulu tampilannya dengan template yang cocok untuk jualan. Template dapat diperoleh secara gratis atau berbayar untuk versi premium. 

  • Isi Konten

Setelah template siap dan profil rapi, website siap diisi dengan konten produk. Berikan informasi secukupnya untuk setiap produk. Agar calon pembeli bisa memilih produk mana yang cocok dengan kebutuhan mereka. Pastikan juga ada Call to Action berupa icon atau link menuju bagian penerima pesanan penjualan. 

  • Konsisten Update dan Main SEO

Setelah website jadi, bukan berarti usaha membuka toko online selesai. Anda harus rajin memperbarui berbagai informasi produk, tips, berita, dan konten lainnya untuk menarik pembeli. Selain itu, website juga harus mendatangkan pengunjung melalui konten yang dipasang dan menyesuaikan strategi SEO untuk masuk ke halaman pertama Google.

Beberapa tips membangun website online shop di atas mudah dan murah untuk dipraktikkan. Namun, bukan berarti tidak akan menemui kesulitan. Terus tingkatkan pengetahuan mengenai pengelolaan website agar selanjutnya bisa mendatangkan konsumen dan pelanggan lebih banyak.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles