Perlukah website untuk berjualan online? Seberapa perlu membuat situs khusus bisnis yang sedang Anda jalankan? Atau pertanyaan yang lebih spesifik, apakah bisnis Anda saat ini sudah membutuhkan domain khusus untuk memudahkan pemasaran?

baca juga : Fitur Facebook untuk Maksimalkan Bisnis

Jawaban beberapa pertanyaan di atas tentu membutuhkan analisis dari berbagai aspek. Apalagi untuk membuat sebuah website, dibutuhkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Sebagai informasi, beberapa sumber menyebutkan biaya pembuatan situs perusahaan minimal antara 3-5 juta. Ini belum termasuk biaya pengisian konten dan berbagai promosi lainnya.

Jangkauan Pelanggan

Ada beberapa pertimbangan untuk menjawab pertanyaan perlukah website untuk berjualan online? Pertama adalah jangkauan pelanggan saat ini. Jika Anda memiliki bisnis yang berjalan sudah cukup stabil (meskipun masih baru) dan berniat memperluasnya, maka jawabannya adalah perlu.

Pasalnya, salah satu cara paling efektif untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak adalah melalui penerapan SEO di website usaha. Dengan target kata kunci tertentu, ketika berhasil mencapai halaman pertama mesin pencarian, website akan mengenalkan pelanggan pada produk yang sedang dicarinya.

Pertimbangan kedua untuk menjawab seberapa perlukah website untuk berjualan online? Hal ini menyangkut tentang rencana jangka panjang bisnis yang sedang Anda bangun. Apakah bisnis yang Anda buat saat ini berpotensi go national atau go international? Jika ya, maka website menjadi kebutuhan primer yang harus diutamakan.

Pentingnya Website Untuk Bisnis

Lalu bagaimana jika skala bisnis yang sedang Anda bangun saat ini masih tergolong mikro atau kecil? Simak beberapa poin penting berikut sebagai pertimbangan, seberapa perlukah website untuk berjualan online? Bagaimana pun, keputusan akhirnya ada pada Anda, para pemilik usaha.

  • Toko 24 Jam

Keberadaan website merupakan toko 24 jam bagi bisnis Anda. Pengunjung bebas mencari produk yang dibutuhkannya tanpa perlu memperhatikan jam kerja. Meskipun Anda sedang tidur atau tidak online, pesanan tetap dapat diproses melalui sistem yang sudah diatur.

  • Katalog Online

Dengan katalog, Anda tidak perlu menjelaskan berulang kali mengenai spesifikasi barang jualan, bahannya, juga harganya. Cukup dengan memberikan tautan yang sudah Anda miliki, para calon pembeli akan memutuskan memilih barang tersebut atau tidak. 

Promosi produk melalui website dapat menjelaskan secara lebih detail dibandingkan dengan promosi melalui media sosial. Karena jumlah karakter untuk menulis caption di akun sosmed terbatas. Sementara melalui website, Anda bisa menjelaskan rincian produk, termasuk ulasan para pengguna sebelumnya dalam satu postingan.

  • Membangun Kredibilitas dan Branding

Usaha yang memiliki website lebih mudah mendapat kepercayaan publik dibanding toko online yang hanya memiliki akun media sosial atau marketplace. Kesan yang ditimbulkan oleh usaha yang memiliki website tentu jauh lebih bagus dan elegan dibandingkan yang tidak. Hal ini baik untuk meningkatkan penjenamaan usaha dan produk yang sedang dipasarkan.

  • Memudahkan Kontrol

Melalui website, penjualan dapat lebih terkontrol jika menggunakan sistem yang mirip seperti marketplace. Bisa juga menggunakan sistem rekap pesanan yang dibuat sendiri. Misalnya dengan memanfaatkan spreadsheet atau Google Form gratis. Dengan integrasi melalui sistem website, semua komponen penjualan dapat saling terhubung untuk mengontrol hasilnya.

Seorang pemilik usaha tentu tidak hanya disibukkan dengan program pemasaran. Akan tetapi, juga harus memperhatikan kualitas produksi, sistem distribusi, dan kesejahteraan para pekerja. Oleh karena itu, pilihan untuk memiliki website bisa jadi salah satu cara mudah untuk memantau kinerja banyak bidang sekaligus. 

Jadi, perlukah website untuk berjualan online? Jawabannya kembali kepada kondisi usaha yang sedang Anda jalankan. Ketika bujet promosi sudah dapat mencapai lebih dari biaya pembuatan website, maka situs resmi perusahaan bisa menjadi prioritas. Jika belum, maka sebaiknya Anda fokus promosi dengan memanfaatkan berbagai aplikasi gratis.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles