Pada prinsipnya, cara mengatasi sakit perut pada anak tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa mengetahui penyebab utama. Karena bisa jadi, rasa sakit tersebut hanya salah satu gejala yang muncul dari penyebab utamanya. Namun demikian orang tua tidak perlu panik saat anak mengeluh sakit di bagian perut.

Gejala Umum saat Anak Mengeluh Sakit Perut

Bagaimanapun, orang tua adalah dokter anak pertama karena porsi waktu terbanyak bersama anak adalah bersama mereka. Maka sewajarnya mereka yang paling tahu apa yang terjadi. Perhatikan gejala berikut sebelum membawanya ke dokter untuk mendapat observasi lebih lanjut.

Baca juga : Cara Mengatasi Diare Anak

1. Perut Kembung

Perut anak tampak membesar dan agak keras ketika ditekan dalam keadaan kembung. Orang tua atau pendamping bisa mengoleskan minyak kayu putih atau telon untuk meredakannya. Jika tidak ada gejala lain yang muncul, maka tidak perlu membawanya ke dokter.

Kondisi perut kembung juga bisa diredakan dengan minum atau makanan hangat, untuk membantu mengeluarkan angin yang terjebak di dalam perut. Cara mengatasi sakit perut pada anak ini sangat konvensional, namun banyak berhasil dan membuat anak merasa lebih nyaman.

2. Sakit Saat Buang Air Kecil

Jika anak mengeluh sakit atau menangis saat buang air kecil, maka gejala ini perlu diwaspadai karena merupakan pertanda kondisi serius. Bisa jadi, gejala ini muncul akibat adanya infeksi pada salurang kencing sehingga membawanya ke dokter adalah cara mengatasi sakit perut pada anak paling baik.

3. Warna Feses

Normalnya, feses berwana kuning, coklat atau kehijauan tergantung pada wana makanan yang dominan dikonsumsi. Adanya bilirubin yang dihasilkan oleh hati membuat warna kotoran manusia cenderung berwarna kuning dan kondisi ini normal.

Lain halnya jika feses berwarna putih, bercampur darah, merah terang atau hitam, maka kondisi ini perlu mendapat observasi lebih lanjut dari dokter. Karena bisa jadi, warna tersebut menunjukkan adanya gangguan yang terjadi dalam sistem dan organ pencernaan anak.

4. Muntah

Jika anak merasa sakit perut disertai dengan muntah, orang tua perlu waspada sekaligus tetap tenang. Perhatikan kemungkinan munculnya gejala lain seperti demam, diare, dan lemas. Anak perlu mendapat asupan cairan yang cukup untuk menganti yang keluar agar tidak mengalami dehidrasi.

Sebaiknya segera bawa ke dokter jika kondisi anak tampak lemas dan demam tidak kunjung turun. Meskipun gejala seperti muntah, diare, demam dan lemas umum terjadi pada anak, observasi dokter perlu dilakukan untuk memastikan obat apa yang perlu dikonsumsi agar anak cepat sembuh.

5. Konstipasi

Sembelit atau konstpasi membuat anak kesulitan buang air besar, hal ini umumnya disebabkan oleh kekurangan serat dalam makanannya sehari-hari. Pastikan anak mendapat asupan makanan berserat dan cukup minum setiap hari agar buang airnya lancar.

Cara Mengatasi Sakit Perut

Gejala yang muncul dapat dijadikan dasar pengambilan tindakan untuk mengusahakan kesembuhan anak. Cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa dilakukan orang tua pertama adalah perhatikan pola makan sebelumnya. Adakah makanan atau minuman asing yang dikonsumsi?

Kedua, lakukan kompres hangat pada perut menggunakan handuk yang diuap hangat atau botol berisi air panas yang dibungkus dengan kain tebal. Ketiga, berikan makanan yang aman dikonsumsi dan ringan dicerna seperti bubur, roti tawar dan madu.

Jika kondisinya cukup mengkhawatirkan, cara mengatasi sakit perut pada anak paling efektif adalah dengan membawanya ke dokter. Pastikan dokter mengetahui riwayat konsumsi dan gejala yang dialami anak agar lebih mudah melakukan observasi. Sehingga anak mendapat penanganan tepat secepatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here