Marketing Online Adalah Strategi Pemasaran Terbaik Saat Pandemi

0
28

Siapa pun terutama para pengusaha saat ini harus menyadari, bahwa senjata tajam pemasaran produk. Baik produk jasa maupun barang, baik kebutuhan primer, sekunder maupun tersier memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Tanpa pemasaran online, produk bisa kehilangan pasar sekaligus pelanggan. Semakin viral sebuah produk, semakin besar potensinya diserap pasar.

Bukankah akun media sosial jumlahnya lebih banyak dari jumlah penduduk dunia nyata? Hal ini menandakan penduduk dunia maya jauh lebih ramai dari penduduk bumi. Bukankah kenyataan ini membuat pangsa pasar online jauh lebih menjanjikan daripada offline? Oleh karena itu, strategi pemasaran pun bergeser dari yang sebelumnya serba manual menjadi serba online.

Alasan Mengapa Marketing Online Adalah Strategi yang Wajib Dikuasai

Marketing online adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai sarana utama. Pada praktiknya, internet berhasil membentuk jaringan melalui website. Selanjutnya media sosial bertambah fungsi menjadi sarana marketing. Sampai saat ini, banyak platform media sosial baru bermunculan dan menjadi alat pemasaran baru bagi dunia bisnis.

Kemunculan berbagai platform dengan ciri khas masing-masing merupakan pertanda bahwa teknologi terus berkembang. Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa pencapaian yang berhasil diraih saat ini bisa segera dianggap kuno beberapa waktu kemudian. Kecepatan perkembangan teknologi menuntut manusia turut bergerak cepat untuk mengikutinya.

Online Marketing Menurut Para Ahli

Dunia pemasaran juga menuntut para ahli untuk menuangkan hasil kajian mereka dalam bukti ilmiah. Pembahasan tentang marketing oleh para ahli tidak bisa dilepaskan dengan strategi bisnis yang efektif. Berikut beberapa pendapat ahli di bidang pemasaran mengenai marketing online:

  • Menurut David dan George

Dalam buku mereka Marketing Research (2001), disebutkan bahwa pemasaran atau marketing online adalah penggunaan network untuk meraih pelanggan. Network atau jaringan yang dimaksud adalah penggunaan internet sebagai sarana yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini.

Menurut pengertian tersebut, apa pun pola komunikasi yang dijalankan dalam jaringan  disebut sebagai upaya pemasaran selama bertujuan mendatangkan pelanggan. Baik itu interaksi aktif dengan pengunjung akun media sosial atau website. Keberhasilan pemasaran dinilai dari seberapa banyak pelanggan yang akhirnya tertarik dan membeli produknya.

  • Menurut Mohammed 

Sebuah buku dengan judul Internet Marketing (2003) karya Mohammed, menyebutkan bahwa marketing online adalah proses membangun dan mempertahankan customer relationship. Komunikasi ini dominan terjadi di dunia maya. Sehingga produsen atau distributor tahu minat dan kebutuhan pelanggan yang harus dipenuhi.

Ada proses pemeliharaan customer relationship dalam melaksanakan pemasaran secara online. Perbedaan pengertian ini layak menjadi perhatian. Karena akibatnya berarti kegiatan pemasaran harus selaras dengan aktivitas berbagi dan saling berkontribusi dengan sesama pengguna internet. Kegiatan pemasaran bukan hanya berupa informasi mengenai detail produk dan harga, tetapi juga membangun hubungan.

Keuntungan Marketing Online

Dengan adanya marketing online yang kian marak, timbul keuntungan sekaligus kerugian di sisi lain. Keuntungannya tentu terletak pada kemudahan dan kepraktisan bagi pengguna yang sudah familiar dengan internet. Sementara itu, kerugiannya adalah ketika pengguna sedang berada di daerah minim sinyal. Di dunia maya, penipuan juga rawan terjadi jika tidak berhati-hati.

Setelah menyadari bahwa marketing online adalah strategi pemasaran yang harus dikuasai dalam bisnis, setiap pengusaha wajib menguasainya. Pengetahuan mengenai pemasaran produk secara online saat ini I terus mengalami inovasi. Sehingga hal ini menuntut para pengusaha untuk aktif meningkatkan ilmu dan terus bergerak mengikuti perkembangan zaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here