Ketika banyak toko online yang membuka akun berbasis foto, maka tips marketing online dengan Instagram semakin dibutuhkan. Instagram berbeda dengan saat awal kemunculannya sebagai media berbagi foto dokumen pribadi. Saat ini Instagram telah bertransformasi sebagai salah satu media promo paling efektif di jagat maya.

Setelah diakuisisi oleh Facebook, Instagram meningkatkan fungsinya sebagai salah satu media bisnis online. Dengan mengubah setelan dari akun pribadi menjadi akun bisnis, para pemilik toko online dan pebisnis dapat memantau jangkauan jaringannya. 

Baca juga : Tips Bersaing di Bidang Usaha Online

Tips Marketing Online Instagram

Apa saja yang perlu dilakukan oleh pemula untuk mengoptimalkan akun Instagram yang dimilikinya? Simak beberapa tips marketing online dengan Instagram berikut untuk memulai bisnis dan menjangkau sebanyak mungkin pelanggan. 

  • Pengaturan Profil Bisnis

Melalui pengaturan akun, Anda bisa mengubah tipe akun biasa menjadi akun bisnis. Pilihan pengaturan ini ada di bawah menu Setting. Pilih Switch to Bussiness Account agar Anda dapat melakukan pemantauan jangkauan setiap konten yang diunggah. Anda juga bisa melakukan promosi dan membayar Instagram Ads melalui fitur ini.

Selanjutnya di bagian profil, pastikan Anda memberikan informasi paling penting kepada pengunjung akun. Misalnya, Anda ingin dikenal sebagai apa? Atau bisnis seperti apa yang sedang Anda bangun melalui akun tersebut? Sertakan tautan akun WhatsApp atau website terkait bisnis tersebut. Bisa juga cantumkan akun marketplace yang Anda kelola.

Sebagai contoh, Anda dapat melihat akun bisnis resmi dalam niche yang sama. Contohnya, untuk bisnis makanan, Anda bisa melihat akun yang sudah berjualan makanan dan laris di Instagram. Begitu juga untuk bisnis pakaian, aksesori, ataupun produk custom.

  • Pemantauan Insight

Tips marketing online dengan Instagram yang kedua adalah lakukan pemantauan Insight secara berkala. Melalui fitur gratis ini, Anda bisa mengetahui konten mana yang paling menarik minat pengikut dan seberapa luas jangkauannya. 

  • Gunakan Fitur Promote

Untuk meningkatkan jangkauan promosi produk, Anda bisa menggunakan fitur Promote. Fitur ini disebut juga Instagram Ads dan berbayar layaknya FB Ads. Kelebihan yang bisa Anda peroleh melalui fitur ini adalah pasar yang dituju lebih sesuai target. Anda bisa mengatur siapa yang akan melihat konten promosi, mulai dari jenis kelamin, umur, hingga lokasi atau domisili.

Jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk melakukan promosi atau giveaway, fitur ini juga bisa menyesuaikan bujet. Pengaturan bujet iklan Instagram Ads bisa menyesuaikan isi kantong pebisnis. Tentu jangkauan pemirsa yang bisa dibidik juga sesuai dengan biaya yang harus dibayar.

  • Pengaturan Feed

Tips marketing online dengan Instagram yang keempat, sebaiknya pikirkan konsep feed yang akan dipakai. Tampilan postingan yang menarik membuat pengikut betah dan ingin mengecek lebih banyak postingan yang sudah Anda buat. Anda bisa memakai konsep papan catur, selang-seling, ataupun foto besar yang dijadikan beberapa konten.

  • Penjadwalan Konten

Konsistensi waktu posting gambar atau video di Instagram berdampak baik pada algoritma akun Anda. Selain bisa meningkatkan jumlah pengikut secara organik, juga meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Dampaknya, akun Anda akan semakin banyak pengunjung dan potensi konversi semakin besar.

  • Penulisan Caption & Hastag

Jangan gunakan caption yang sama dalam semua konten promosi. Sebaiknya Anda menulis dengan gaya story-telling, lalu diakhiri dengan teknik soft selling dan hastag yang relevan. Tulisan yang enak dibaca akan membuat pengunjung semakin betah berada di akun Anda dan terpengaruh untuk membeli di sana.

Beberapa tips marketing online dengan Instagram di atas dapat Anda gunakan seluruhnya sekaligus atau sebagian. Untuk pemula, sebaiknya pilih cara-cara organik untuk meningkatkan jumlah pengikut dan konsisten mengisi konten sesuai rencana yang sudah dibuat. Jika berhasil meningkatkan Insight, Anda dapat mulai menggunakan fitur Promote untuk meningkatkan penjualan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles