Tahukah Anda, bahwa ada beberapa fitur yang berfungsi memaksimalkan FP Facebook untuk pemasaran? Jadi bagi para pemilik toko online, kini bisa memanfaatkan Fans Page Facebook yaitu halaman yang terpisah dari akun Facebook pribadi. Di dalamnya, Anda bisa mengatur dan memperluas jangkauan pasar produk agar semakin laris. Tertarik? Simak terus ulasan ini. 

Baca juga : Cara Marketing Online

Keuntungan menggunakan FP adalah Anda tidak perlu menggunakan dua akun. Cukup dengan satu akun pribadi, Anda dapat mengelola beberapa halaman jualan sekaligus. Setiap halaman nantinya bisa dibuat berdasarkan niche produk yang berbeda. Misalnya, Anda menjual kaos dan makanan, maka masing-masing bidang jualan tersebut bisa dibuatkan halaman menggunakan satu akun pribadi.

Perbedaan Akun Facebook Pribadi dan Fans Page Facebook

Untuk memaksimalkan FP Facebook untuk pemasaran, Anda perlu memahami perbedaan kedua model akun ini. Jadi, pertama, akun Page dibuat melalui akun pribadi. Pada baris menu bagian atas sebelah kanan, ada pilihan tanda tambah (+) untuk membuat halaman baru. Anda juga bisa mengikuti panduan Facebook untuk membuatnya.

Perbedaan kedua adalah pada fitur. Di akun pribadi pengguna hanya bisa melakukan update status, unggah foto tanpa menjualnya, dan saling berinteraksi dengan sesama pengguna Facebook. Akan tetapi, di Facebook Page, Anda juga bisa memantau jangkauan setiap postingan karena akun ini memang dibuat untuk memperluas jangkauan produk atau jasa.

Memaksimalkan Fitur FP Facebook Untuk Pemasaran

Ketika Anda sudah siap untuk memaksimalkan FP Facebook untuk pemasaran produk, cukup gunakan akun pribadi. Selanjutnya, buat page sesuai nama bisnis yang ingin Anda pasarkan. Usahakan buat nama pengguna yang sama seperti akun bisnis di aplikasi Instagram atau website yang sudah dimiliki sebelumnya.  Setelah itu, perhatikan beberapa fitur berikut:

  • Edit Page Info

Fitur ini ada di sebelah kiri baris menu. Anda bisa mengintegrasikan info halaman yang sudah dibuat dengan akun Instagram, mengubah nama pengguna, mendaftarkan website atau marketplace. Menyamakan nama akun dan menghubungkannya membantu meningkatkan penjenamaan produk yang Anda miliki. 

  • Add Button 

Fitur yang terletak tepat di bawah foto cover page sebelah kanan ini berfungi sebagai CTA (Call to Action). Ketika ada calon customer ingin menghubungi atau membeli produk, bisa diarahkan sesuai pilihan Anda. Misalnya, diarahkan untuk menghubungi via WA, telepon, atau aplikasi pencatat order. Mudah, bukan?

  • Insight

Menu bar Insight di sebelah kiri, letaknya di bawah add page info, berfungsi untuk memantau jangkauan setiap postingan. Fitur ini berfungsi lebih maksimal ketika Anda menggunakan Facebook Ads atau iklan Google. Info yang diberikan oleh fitur ini mencakup; post engagement, page followers, page views, dan action on page

Dengan mengetahui insight setiap postingan, Anda jadi paham postingan model apa yang dapat menjangkau calon pembeli lebih luas. Bisa jadi video lebih disukai daripada gambar atau caption dengan metode soft selling lebih menarik bagi pembeli. 

  • Facebook Ads

Membayar Facebook Ads bisa jadi merupakan cara memaksimalkan FP Facebook untuk pemasaran paling efektif. Dengan mengeluarkan biaya iklan pada Facebook, halaman Anda akan menuju pangsa pasar yang dinilai paling potensial. Jika produk Anda berupa alat rumah tangga misalnya, maka akan dipromosikan kepada para ibu tumah tangga pengguna Facebook.

  • Jumlah Like

Jumlah like di Facebook Page dan setiap postingan Anda sangat berpengaruh terhadap banyaknya  potensi pembelian. Keaktifan Anda dalam mengelola halaman ini juga berpengaruh terhadap banyaknya orang menyukai bisnis Anda.

Ketika Anda memiliki Facebook Page, maka sama artinya dengan memiliki satu lagi toko online yang harus dikelola dengan baik. Beberapa cara memaksimalkan FP Facebook untuk pemasaran di atas tidak akan berfungsi maksimal jika Anda tidak konsisten mengisinya dengan konten promo dan hal-hal menarik tentang produk yang ingin dipasarkan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles