Sebenarnya ciri-ciri investasi bodong mudah dideteksi setelah banyak memakan korban. Meskipun investasi bodong sebenaranya bisa dikenali dengan mudah sejak awal masa penawaran, banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Indeks literasi keuangan di Indonesia memang perlu terus ditingkatkan untuk mencegahnya terjadi lagi.

Saat ini, Indonesia memiliki lembaga pengawas transaksi keuangan bernama OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Lembaga ini bertugas memberi izin operasional dan mengawasi kinerja lembaga keuangan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Baca juga : Marketing Online

5 Ciri-ciri Investasi Bodong di Indonesia

Melalui situs resminya, setiap tahun OJK merilis data lembaga keuangan ilegal. Data ini dapat dijadikan acuan bagi masyarakat untuk menolak tawaran investasi yang mencurigakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri investasi bodong yang biasa ditawarkan pada masyarakat luas dan harus diwaspadai:

  • Perusahaan Tidak Jelas

Ciri-ciri investasi bodong yang pertama ini seharusnya sangat mudah dideteksi. Pengecekan legalitas perusahaan investasi dapat dilakukan melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan. Bisa juga melalui kata kunci legalitas perusahaan investasi di mesin pencari Google.

Banyak perusahaan investasi yang melakukan penawaran tetapi tidak mampu menunjukkan izin operasional dari OJK atau Bappepti. Ketika dicek secara online, tidak banyak informasi yang dapat diperoleh terkait kantor pusat, daftar pengurus, atau skema usahanya. Biasanya, mereka menggunakan nama besar tokoh yang menjadi pimpinan.

  • Menyerupai Lembaga Keuangan

Layaknya lembaga keuangan, banyak investasi bodong menawarkan produk dengan cara kerja mirip tabungan atau deposito. Ada juga perusahaan yang menawarkan semacam surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan tanpa melalui sistem pencatatan dan transaksi di bursa efek. Sasarannya adalah orang-orang yang tidak mengenal bursa efek. 

  • Imbal Hasil Tetap dan Tinggi

Penawaran paling menggiurkan untuk masyarakat awam adalah adanya janji mendapat keuntungan tinggi hingga berlipat ganda dari modal awal. Janji keuntungan tersebut bersifat tetap dan tidak menghiraukan kemungkinan terjadinya kerugian. Orang yang malas bekerja namun ingin cepat kaya sangat mudah tergiur dengan iming-iming return yang tinggi.

Ciri-ciri investasi bodong yang ketiga inilah paling banyak menimbulkan korban. Mungkin karena masih tingginya angka kemalasan di masyarakat. Atau rendahnya minat serta kemampuan kerja masyarakat usia produktif. Sehingga ketika mereka mendapat tawaran investasi dengan modal minimal dan mendapat hasil maksimal, langsung banyak yang tergiur.

  • Masif Mengumpulkan Investor 

Beberapa tahun lalu, perusahaan investasi bodong tidak segan mencari nasabah dari pintu ke pintu dan kampung ke kampung. Sasaran mereka adalah orang kaya yang belum melek teknologi. Seiring waktu, saat ini para penipu tersebut banyak menggunakan aplikasi gratis di play store yang dapat diakses bebas oleh masyarakat. 

Mereka menjanjikan pembayaran return secara berkala dan mudah melalui aplikasi tersebut. Cara ini efektif menyasar pengguna internet level starter, yang belum mengetahui bagaimana mendeteksi aplikasi resmi dan memenuhi izin usaha Indonesia. Sementara cara ini harusnya tidak menimbulkan korban di kalangan milenial cerdas.

  • Muncul di Banyak Iklan Online

Ada banyak perusahaan investasi yang sempat menjadi berita viral di Indonesia karena berujung penipuan. Melalui iklan yang mengganggu pengguna internet, beberapa klik di situs tertentu mengarah pada halaman yang sama, yaitu situs berjudul Binomo. Situs ini menawarkan lahan investasi dan return yang tinggi dan tidak masuk akal. 

Beberapa ciri-ciri investasi bodong di atas harus dipahami dan diwaspadai oleh masyarakat. Hal lain yang jauh lebih penting saat ini adalah menimbulkan kesadaran bahwa kerja keras adalah bagian dari usaha mewujudkan kekayaan. Jangan sampai generasi muda dan usia produktif lebih sibuk mencari peluang investasi yang hanya berujung penipuan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles