Persaingan merupakan bumbu wajib dunia bisnis. Pembahasan mengenai tips bersaing di bidang usaha online shop berikut kiranya bisa menjadi referensi bagi Anda untuk menghadapi persaingan secara sehat. Pada hakikatnya rezeki sudah diatur dan dibagi sesuai porsi masing-masing. Tugas manusia hanya memaksimalkan usaha dan menguatkannya dengan doa.

Jangan biarkan persaingan memancing Anda untuk bertindak negatif demi mengalahkan pesaing bisnis. Cara licik seperti itu mungkin berguna sesaat. Namun, akibat jangka panjangnya bisa jadi lebih dahsyat dan menyakitkan. Menghadapi persaingan dengan baik dan benar tidak hanya mengundang kebaikan bagi pribadi, tetapi juga partner kerja dan masa depan bisnis.

Persaingan Bisnis Online

Tips bersaing di bidang usaha online shop berbeda dengan cara menghadapi persaingan bisnis offline. Seperti di pasar tradisional, mall, atau kawasan pemukiman, beberapa toko yang memiliki produk serupa cenderung menjaga jarak lapak. Namun, di dunia bisnis online bisa jadi dua atau lebih toko dengan barang yang sama bersebelahan bagi calon pembeli.

Persaingan di dunia bisnis digital mencakup strategi pemasaran dan produk yang ditawarkan. Dari produk misalnya, perbedaan kemasan, komposisi, pencantuman izin edar, akan mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk membeli. Sementara itu, dari strategi, mencakup jangkauan pasar dan cara pemasaran. Baik strategi yang dijalankan secara gratis maupun berbayar.

Baca juga : Cara marketing online untuk UMKM

3 Tips Jitu Menghadapi Persaingan Usaha Online Shop

Minimal ada tiga poin tips bersaing di bidang usaha online shop yang harus diperhatikan dalam menghadapi persaingan bisnis online secara sehat. Pertama, mengenai produk macam apa yang dijual, apa saja keunggulan dan manfaatnya. Kedua, pelayanan yang diberikan dan ketiga, terkait dengan strategi pemasaran yang digunakan.

  • Tampilkan Keunggulan Produk

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang sehat, Anda harus menampilkan keunggulan produk yang dijual. Misalnya, untuk produk makanan. Pastikan bahan yang dipakai berkualitas dan diproses dengan cara yang terjamin baik. Setelah produk siap, kemas dengan kemasan yang menarik minat pembeli dan informatif. Dengan begitu, calon pembeli tahu komposisi dan bagaimana mengonsumsinya.

Informasi yang cukup jelas pada kemasan akan membuat pembeli mampu membandingkan dengan produk serupa. Menjaga kualitas produk ini harus dilakukan secara konsisten. Jika produk Anda dinilai lebih unggul, meskipun mungkin harganya lebih tinggi dari produk pesaing, maka pelanggan tetap akan membeli.

  • Maksimalkan Pelayanan

Produk yang baik tidak akan bisa otomatis sampai kepada konsumen tanpa strategi pemasaran yang baik. Tak terkecuali saat Anda memberikan pelayanan kepada konsumen. Pelayanan dapat diberikan dengan cara menjawab pertanyaan yang mereka ajukan, melayani permintaan khusus, ataupun pilihan jasa pengiriman. Kepuasan pelanggan secara otomatis bisa mengundang pelanggan lain karena rekomendasi yang diberikan.

  • Tawaran Promo Berkala

Promo merupakan tips bersaing di bidang usaha online shop paling jitu. Lakukan penawaran promo secara berkala untuk menarik minat pembeli. Promo bisa berwujud potongan harga atau diskon, tambahan layanan khusus, atau paket dan harga khusus saat event tertentu. Semakin menarik promo yang ditawarkan, tentu semakin menarik perhatian calon pembeli.

Terus lakukan inovasi yang baik untuk membangun persepsi menarik bagi calon pembeli. Inovasi ini bisa melalui perbaikan produk, penambahan produk baru, program promo atau diskon. Bisa juga melalui kegiatan sosial atas nama bisnis atau usaha yang sedang dijalankan sebagai sponsor utama. 

Jika dijalankan, tips bersaing di bidang usaha online shop di atas dapat menghindari pola persaingan yang buruk. Justru dengan menerapkan persaingan sehat, sebuah lingkungan bisnis dapat berjalan harmonis tanpa harus membandingkan omzet. Yakinlah selalu bahwa usaha yang baik akan mendatangkan rezeki yang baik pula.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles