3 Cara Marketing Online Praktis Untuk Pemilik UKM Pemula

0
37

internet-marketing

Sejak sebelum saat ini hingga nanti jika pandemi usai, para pemilik UKM membutuhkan cara marketing online untuk kemajuan usaha karena tren bisnis saat ini didominasi oleh dunia maya. Lebih dari 50% penduduk Indonesia telah mengenal smartphone sehingga tahu bagaimana berbelanja melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Jika para pengusaha tidak mengikuti tren ini, maka bisa dipastikan usahanya cenderung lambat berkembang. Pun ketika mengikuti tren tanpa ilmu yang benar bisa menderita kerugian akibat biaya yang lebih besar dari pendapatan. Maka untuk memaksimalkan pemasaran melalui online, harus tahu strategi yang benar sebelum memulai.

Dasar Strategi Marketing Online Shop

Pada dasarnya cara marketing online yang paling mudah bisa diperoleh melalui jasa optimasi akun toko online. Pengusaha tidak perlu repot belajar mulai dari awal. Namun, ketika menggunakan jasa, berarti pengusaha pemula tersebut hanya terima jadi dari apa yang mereka kerjakan. Jika kemudian terjadi sesuatu, tidak bisa mem-back up pekerjaan pemasaran dan berpotensi mengacaukan siklus usaha.

Maka, sebagai pengusaha pemula, Anda harus tahu hal dasar yang perlu diperhatikan di bagian pemasaran. Utamanya mengenai target pasar. Harus jelas produk yang dihasilkan bermanfaat untuk wanita, laki-laki, atau keduanya. Demikian juga rentang umur pengguna, kemampuan finansial mereka, termasuk sebaran domisili konsumen.

Cara Marketing Online 

Setelah mengetahui potensi pasar tersebut, selanjutnya seorang pengusaha harus memikirkan cara marketing online yang akan digunakan. Apakah cukup hanya mengandalkan showroom dekat tempat produksi atau butuh strategi yang bisa menjangkau lebih banyak pelanggan? Untuk menyasar warganet yang aktif, dibutuhkan sejumlah “toko” di dunia maya. Minimal toko online dibuat di tiga tempat berikut:

  • Marketplace

Pasar online ini ibarat mall di dunia maya. Pengunjung berhak memilih barang lengkap dengan kualifikasi detail setiap produk. Harganya tertera jelas dan pembeli bisa menghitung harga, lengkap dengan biaya kirim sampai ke alamatnya. Selain kejelasan produk, orang-orang suka berbelanja di marketplace karena adanya berbagai promo yang membuat harganya lebih murah.

Untuk melakukan pemasaran di marketplace, seorang pemilik UKM hanya perlu mendaftar dan memiliki akun khusus. Kemudian lakukan penyesuaian profil dan input data produk yang ingin dijual. Cara ini berlaku di semua marketplace yang ingin digunakan. 

  • Instagram/Facebook/WhatsApp

Cara marketing online kedua yang banyak digunakan oleh pengusaha sukses di dunia maya adalah pemasaran melalui akun media sosial. Dengan menggunakan akun media, semakin luas pasar yang bisa dijangkau. Saat ini media yang paling banyak digunakan adalah Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Pemasaran bisa dilakukan melalui update status WhatsApp, snap story atau feed Instagram dan Facebook.

Saat ini Facebook juga memiliki label marketplace khusus pengguna FB. Setiap orang bisa mengunggah jualannya di sana secara bebas dan gratis. Selain label marketplace, jual beli di FB juga biasa dilakukan melalui grup khusus. Anggotanya mayoritas adalah pengguna FB daerah tempat bisnis itu berdiri. Cara ini dianggap salah satu yang efektif untuk meluaskan jaringan pemasaran produk UKM baru.

  •  Website

Selain melalui marketplace dan media sosial, pemasaran juga bisa dioptimalkan melalui website. Cara ini bisa jadi lebih mahal dari kedua cara di atas, jika pengusaha atau timnya belum mengenal cara mengembangkan website. Namun, jika di antara tim ada yang bisa mengelolanya, akan menjadi salah satu pintu bagi konsumen untuk lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh UKM baru.

Ulasan singkat mengenai cara marketing online ini tentu masih membutuhkan penjelasan lebih lanjut agar bisa dipraktikkan. Para pengusaha pemula harus mempelajarinya dari berbagai sumber atau mencari mentor bisnis yang tepat. Dengan kesungguhan belajar dan mentor yang tepat, semoga usaha yang Anda rintis semakin maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here